10 Hal Yang Harus Ditanyakan Wanita saat Wawancara Kerja (part 2)

Lingkungan kerja merupakan tempat yang seharusnya dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi pekerjanya, khususnya bagi pekerja wanita.

Saat wanita memutuskan untuk bekerja di kantor, ia harus menghabiskan waktunya seharian di lingkungan tersebut. Bagi wanita yang baru memasuki dunia kerja, ada beberapa hal yang harus Anda diperhatikan:

6. Kompensasi/ Tunjangan
Sekeras apapun Anda bekerja dan berusaha mengerahkan kemampuan terbaik Anda, namun tidak adanya apresiasi dari perusahaan itu sangat tidak sehat. Anda seharusnya dapat menanyakan apa saja yang dapat Anda peroleh selain penghasilan per bulan, jika Anda berhasil dan melebihi target yang perusahaan inginkan terhadap Anda, seperti “Bagaimana mengenai sistem kompensasi dan tunjangan yang ada di perusahaan ini?” Hal itu lumrah saja ditanyakan pada pewawancara.

7. Pengembangan Karir
Pertanyaan terkait pengembangan karir Anda dalam perusahaan dapat ditanyakan seperti, “Apakah terdapat program pengembangan karir untuk pemimpin wanita?” ataupun “Bagaimana perusahaan meningkatkan softskill dari para pekerja?”. Melalui pertanyaan tersebut, Anda dapat mengetahui bagaimana pengembangan diri Anda dalam perusahaan selain bekerja dan memiliki tanggung jawab tetap pada posisi tertentu.

8. Budaya Perusahaan
Anda dapat menanyakan mengenai bagaimana budaya perusahaan di tempat yang Anda minati secara tersirat kepada pewawancara, seperti “Apakah visi dari perusahaan ini?” atau “Bagaimana wujud realistis dari kinerja perusahaan saat ini?”; Apakah tujuan dari perusahaan ini- Apakah perusahaan tersebut melakukan hal yang baik untuk masyarakat?” Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menghubungkan misi perusahaan dengan mimpi pribadi Anda.

Selain pertanyaan tersebut, Anda dapat juga menanyakan seperti berikut: “Apakah perusahaan ini melakukan survei opini pada setiap karyawannya?; “Apakah terdapat budaya feedback melalui proses manajemen kinerja dan program pengembangan dari para karyawannya?” Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menilai apakah perusahaan memiliki respek dan menempatkan karyawannya sebagai inti dari strategi mereka. Jenis perusahaan tersebut pastinya membuat Anda ingin bergabung.

9. Informasi tentang Posisi yang Ditawarkan
Untuk hal yang satu ini, Anda dapat menanyakan mengenai orang yang menduduki posisi ini sebelumnya. Hal ini dapat menjadi gambaran Anda mengenai apa saja yang diharapkan oleh pewawancara pada kandidatnya. Dimulai dengan pertanyaan “Siapakah yang berada pada posisi ini sebelumnya?” atau “Mengapa Anda mencari kandidat untuk posisi tersebut?”. Melalui pertanyaan itu, Anda dapat mengetahui bagaimana ekspektasi perusahaan terhadap Anda dan posisi yang ditawarkan tersebut.

10. Refleksi Diri
Bentuk pertanyaan dari refleksi diri ini bukan berarti harus terdengar seperti “curhat”, melainkan dapat dilakukan secara professional. Pertanyaannya bisa seperti “Apakah menurut Anda, dengan keahlian & kemampuan yang saya miliki dapat memenuhi ekspektasi Anda terhadap pekerjaan ini?”. Pertanyaan tersebut dapat memberi gambaran mengenai apakah Anda adalah orang yang tepat bagi perusahaan tersebut dan juga dapat menjadi refleksi terhadap diri Anda sendiri.

10 Pertanyaan diatas adalah hal yang seharusnya ditayakan oleh kandidat kepada pewawancara. Anda tidak harus enggan untuk menanyakan pertanyaan tersebut karena hal itu dapat membantu Anda untuk pengembangan diri atau peluang Anda dalam dunia kerja. Semoga sukses!

cicin-021Ditulis Oleh: Cicin Ruruh Winedar
Cicin Ruruh Winedar adalah HR Director Godrej Indonesia, yang telah berpengalaman selama 16 tahun di bidang Psikologi. Ibu dari dua orang anak ini juga merupakan alumnus dari Universitas Gajah Mada pada bidang yang sama. Ia juga telah memiliki Sertifikasi Profesi sebagai Psikolog di Industri & Organisasi Psikologi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *