Bakti Nusantara Bangun Gedung Sekolah Baru untuk Wilayah Perbatasan

famiele.com. Timor Tengah Utara – Menjadi puncak kegiatan Bakti Nusantara tahun 2017, Asisten Pembangunan dan Ekonomi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Robertus Nahas, meresmikan bangunan baru SMP Negeri Sekon. Hadir pula Dandim 1618/TTU, Kapolres TTU, serta Komandan Yonif 742/SWY yang sejak awal mendukung dan mengawal kesuksesan pembangunan.

Bangunan SMP Negeri Sekon telah dibangun sejak 16 September 2017 dan berhasil diselesaikan dalam 3 (tiga) bulan, sekaligus menjadi simbol gotong royong Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat lokal. Bersama dengan Yonif 742/SWY, Bakti Nusantara mendirikan bangunan baru untuk SMP Negeri Sekon, mempertimbangkan kondisi bangunan lama dirasa sangat tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

Bakti Nusantara (BN) adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara). Kegiatan ini menyinergikan kekuatan alumni yang saat ini berada di TNI/Polri maupun sipil, serta berkolaborasi dengan seluruh institusi terkait, di level pusat maupun daerah.

Pelaksanaan BN pun meliputi pengembangan 3 (tiga) aspek, yakni kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Insiprasi Nusantara). BN pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjadi inspirasi dalam membangun sebuah peradaban yang maju dan berkarakter.

Pada layanan kesehatan, tercatat peserta layanan ksesehatan bahkan membludak lebih dari 300 orang, sunat massal mencapai 86 orang, sedangkan operasi katarak 49 orang, dan bibir sumbing 14 orang. Puluhan kartu pos inspirasi dari diaspora Indonesia serta 300 kilogram buku juga disumbangkan ke SMP Negeri Sekon serta beberapa komunitas lokal lain di Kabupaten Timor Tengah Utara.

“Lebih dari 40 relawan dan 114 tenaga kesehatan turut hadir untuk melayani dan menginspirasi masyarakat. Belum lagi tim PGRI Pusat, RSUD Kefamenanu, Siloam Kupang, serta Kwarnas Gerakan Pramuka yang ikut mengirimkan timnya untuk memberikan pelatihan dan insipirasi bagi warga, tak hanya Desa Sekon, tetapi juga masyarakat Kecamatan Insana, bahkan penduduk luar kabupaten yang turut serta,” papar Ketua Pelaksana, Wahyu Andito, dalam laporan pelaksanaan.

Rangkaian kegiatan ini didukung antara lain oleh Wardah, Yayasan Anugerah Sentosa, Telkomsel, Ikastara Pertamina, Yayasan Matahati, Medina, Tour de Pirikan, Siloam, Mucoindo Prakasa, Paradua Bangun Nusantara, dan Bosowa.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *