Buku 4 Sahabat Super, Ajak Anak Cintai Lingkungan

Banyak cara yang bisa orang tua lakukan agar anak bisa mencintai alam dan lingkungan, salah satu cara yang bisa orang tua lakukan adalah dengan memberikan buku fiksi dan fabel bertema lingkungan kepada anak-anaknya.

Fiksi dan fabel tidak pernah lekang dimakan waktu, selalu menyenangkan untuk anak-anak juga orangtua karena pesan dikemas dalam gaya yang menghibur.

Salah satu buku yang bisa di jadikan sahabat anak adalah buku 4 Sahabat Super, buku yang lahir dari imajinasi dan fantasi Keisha, putri dari Valerina Daniel yang baru berusia 7 tahun.Buku ini berkisah tentang persahabatan binatang dalam menyelamatkan lingkungan.

“Karakter binatang tersebut terinspirasi dari empat anggota keluarga kami, yaitu ayah, ibu, Keisha sendiri dan adiknya,” demikian Valerina mengawali acara peluncuran buku tersebut, Kisah “4 Sahabat Super” tidak lepas dari perhatian Valerina yang juga seorang Duta Lingkungan terhadap isu lingkungan hidup.

Kisah “4 Sahabat Super” bercerita tentang persahabatan empat binatang, yaitu; Orana Orangutan, Mau-Mau Harimau, Cendra Cendrawasih dan Kombo Komodo. “Setiap karakter 4 Sahabat Super mempunyai kekuatan masing-masing untuk menyelamatkan hutan dan penghuninya dari perusakan lingkungan hidup oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Orangutan pintar memanjat pohon dan mengolah akalnya, Harimau pemberani dan mampu berlari cepat, Cendrawasih dapat terbang tinggi dan melihat benda jauh, serta Komodo yang kuat mengangkat benda berat dan memiliki badan tangguh,” ungkap Keisha menceritakan karakter dalam bukunya.

Sebagai rangkaian buku untuk penerbitan pertama ini, Penerbit Mizan Pustaka merilis tiga judul buku “4 Sahabat Super”, yaitu; Menolong Tarsius, Menangkap Pemburu Gajah dan Menyelamatkan Macan Tutul yang dikemas dalam hard cover dengan cerita dan ilustrasi gambar yang menarik sebagai bacaan untuk keluarga.

“Mizan sangat memerhatikan bacaan yang berkualitas baik untuk anak-anak. Kami tidak sekedar melibatkan anak-anak Indonesia sebagai pembaca, namun juga membuka kesempatan untuk berbagi imajinasi dan fantasi mereka dalam sebuah karya, yaitu buku. Karena kami percaya bahwa hal ini dapat mendorong anak-anak untuk mencintai buku, diawali dari keluarganya, sebagai pondasi awal yang membentuk karakter anak hingga kelak dewasa,” demikian Sari Meutia, CEO Mizan Pustaka

Peluncuran buku “4 Sahabat Super” di panggung utama Indonesia International Book Fair, dimeriahkan dengan dongeng bersama Keisha yang dihadiri oleh puluhan siswa SD di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut,

Valerina menghimbau para orang tua untuk mengajak buah hatinya mencintai lingkungan dimulai dari hal sederhana sedini mungkin, misalnya dengan menanam pohon di hari ulang tahun dan menyayangi binatang.

Menurut Valerina, Melalui buku, orang tua dapat berbagi cerita dengan anak, yang tidak saja menguatkan ikatan antara orang tua-anak, namun juga kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai baik sebagai bekal untuk anak, Karena itu,

“saya mengajak para orang tua untuk share foto dan videonya dengan hashtag #4SahabatSuper #OrangtuaAnakMendongeng dan tag/mention ke account Instagram saya @valerina_daniel dan @penerbitmizan. Bagi yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik,” ujar Valerina menutup acara tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *