Dampak Positif Bermain Bersama Anak

Orang tua dan anak yang menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, atau Happy Date, terbukti mengalami peningkatan kualitas kebahagiaan keluarga. Demikian hasil studi evaluasi tingkat kebahagiaan sebelum dan setelah mengikuti program stimulasi yang diumumkan dalam acara bincang-bincang Happy Date hari ini. Studi tersebut telah dilakukan oleh Nestlé LACTOGROW sejak Februari lalu di empat kota besar di Indonesia.

Brand Manager Nestlé LACTOGROW, Gusti Kattani Maulani mengatakan, “Hasil studi ini menunjukkan bahwa bermain bersama terbukti dapat memperkuat kasih sayang, ikatan (hubungan), kehangatan, kekompakan, serta membuat hubungan antara orang tua dan anak lebih menyenangkan. Melihat hasil studi yang semakin menegaskan pentingnya kebahagiaan dalam keluarga, Nestlé LACTOGROW tergerak untuk terus memberikan wadah di mana para anggota keluarga dapat menikmati momen kebersamaan melalui Happy Date.”

Terkait hasil studi, Pakar Gizi Medik dari Universitas Indonesia, DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc memaparkan bagaimana setelah bermain bersama anak, tingkat kebahagiaan ayah dan ibu langsung meningkat sebesar 18%. Bahkan setelah 2 minggu, tingkat kebahagiaan ayah dan ibu terus mengalami kenaikan hingga 38%.

“Tak hanya soal kebahagiaan, namun manfaat dari bermain bersama nyatanya juga mempengaruhi kesehatan anak. Ketika anak merasa bahagia, otak mereka akan berada dalam kondisi yang positif, yang nantinya dapat membuat otak mengirimkan sinyal baik ke sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu penyerapan gizi menjadi lebih sempurna, di samping tentunya membuat anak semakin merasa nyaman dalam menjalankan aktivitasnya,” lanjut Dr. Saptawati.

dampak-positif-bermain2Psikolog Rini Hildayani, M.Si juga menjelaskan bagaimana menghabiskan waktu bersama keluarga tidaklah sulit. “Bermain bersama dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja serta tidak harus selalu menggunakan alat karena yang paling penting adalah terciptanya komunikasi dan interaksi antara orang tua dan anak.”

Rini Hildayani, M.Si juga memaparkan bagaimana melakukan aktivitas bersama dapat membantu menjalin interaksi dan komunikasi antara orang tua dan anak. “Mereka akan dapat saling menunjukkan afeksi atau kasih sayang sehingga ikatan (attachment) antaranya menjadi semakin kuat. Keterikatan atau attachment merupakan langkah penting dalam pengembangan karakter.”

Menurut Rini, ketika bermain, anak dapat mengembangkan kreativitas, kepemimpinan, keberanian, kerendahan hati yang merupakan beberapa ciri karakter kuat. Untuk mendukung hal tersebut, orang tua perlu terus kreatif dalam menciptakan atau mencari inspirasi permainan yang dapat mengembangkan karakter anak. Memiliki anak dengan karakter yang baik tentu akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang tua, yang selanjutnya akan berdampak pula bagi kebahagiaan anak.

Pasangan selebriti Fachri Albar dan Renata Kusmanto yang turut hadir dalam acara diskusi Happy Date menuturkan, “Dari sesi bincang-bincang kali ini, kami baru menyadari ternyata karakter anak juga bisa dibentuk melalui permainan. Jika selama ini kami hanya mengenalkan nilai-nilai melalui nasihat ataupun larangan untuk membangun karakter anak, maka kini kami tidak sabar untuk segera mengaplikasikan ide-ide yang didapat dari Happy Date untuk bermain bersama River di rumah agar dia tumbuh menjadi anak yang bahagia dan memiliki karakter kuat.”

Sebagai mitra dari orang tua Indonesia yang berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kebahagiaan keluarga, Nestlé LACTOGROW kembali menunjukkan dukungannya dengan menghadirkan Happy Date in Bubble Park di mana orang tua dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak mereka melalui beragam aktivitas menarik di arena bermain bertema bubble.

“Kali ini, kami mengajak para ayah dan ibu untuk bermain bersama buah hatinya melalui kegiatan sederhana tetapi tetap menyenangkan. Kami berharap permainan-permainan di Happy Date in Bubble Park dapat menginspirasi para orang tua untuk nantinya diaplikasikan secara rutin di rumah,” tutup Gusti Kattani Maulani. Happy Date in Bubble Park akan diselenggarakan di tujuh kota di Indonesia mulai Oktober hingga November 2016.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *