Dirgahayu RI ke 74, Saatnya Suarakan Budaya Adiluhung Indonesia

famiele.com, Jakarta – Menyambut peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-74 pada 17 Agustus tahun ini, pemerintahan presiden Joko Widodo melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengangkat dan menetapkan 74 orang sebagai Ikon Prestasi Pancasila. Mereka mempunyai tugas untuk:

1. Mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila guna menjadikan sumber inspirasi yang dapat menumbuhkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia.

2. Terlibat aktif dalam media massa dan media social yang dapat menciptakan pandangan positif dalam mengapresiasikan prestasi Pancasila di kalangan generasi muda.

3. Menjadikan sumber inspirasi kepada masyarakat guna menjadi keteladanan dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia di kalangan masyarakat dunia.

Para ikon ini ditetapkan berdasarkan kriteria Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni Budaya dan Bidang Kreatif, dan Social Entrepreneur.

Diantara 74 ikon tersebut terdapat nama maestro pedalangan Indonesia Ki Manteb Soedharsono. Beliau dipilih karena prestasi dan inspirasinya sebagai dalang wayang kulit yang konsisten dengan nilai-nilai karakter dalam pentasnya.

Pemilihan Ki Manteb memang tidak main-main dan sangat tepat karena kontribusi beliau lah yang mempresentasikan wayang kulit di UNESCO dengan lakon Rama-Sinta yang hanya 5 menit namun membuat Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut menetapkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003.

Sementara itu, dalam wawancara Bapak Joko Widodo dengan media baru-baru ini ketika ditanyakan tentang kekuatan super apa yang ingin beliau miliki, beliau menjawab bahwa kalau superhero, ingin menjadi Kresna. Menurut beliau pilihan tersebut karena Kresna sakti, kuat, dan memiliki senjata ampuh Cakra.

Rene Ishak selaku produser eksekutif Satria Dewa Studio mengungkapkan bahwa Seiring dengan spirit nasionalisme dan kebangsaan dalam perayaan Kemerdekaan RI ke-74 ini, dan sejalan dengan pemilihan Ki Manteb Soedharsono sebagai salah satu Ikon Prestasi Pancasila juga pernyataan presiden Joko Widodo, Satria Dewa Studio berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan mengaktualisasikan serta menyebarluaskan nilai-nilai luhur budaya adiluhung wayang.

“Kami berkomitmen untuk terus menyebar luaskan budaya adiluhung melalui karya film maupun karya kreatif turunan dari film yang akan segera diproduksi melalui Jagad Satria Dewa yang pertama Satria Dewa Gatotkaca dan tentunya akan ada tokoh Kresna di cerita filmnya,” ujar Rene Ishak

Selamat ulang tahun Indonesia tercinta! Sekarang saatnya kita suarkan budaya adiluhung bangsa.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *