Johnson & Johnson Indonesia Turut Serta Tekan Tingkat Infeksi Cacingan

famiele.com, Jakarta – Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing dalam tubuh manusia yang ditularkan melalui tanah (soil transmitted helminths/STH). Kasus STH yang banyak terjadi di Indonesia disebabkan oleh cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk (Trichuris trichiura) dan cacing tambang (Ancylostoma duodenale, Necator americanus).

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 15 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Cacingan, prevalensi cacingan di Indonesia pada umumnya masih sangat tinggi, terutama pada golongan penduduk yang kurang mampu, dengan sanitasi yang buruk. Prevalensi cacingan bervariasi antara 2,5% – 62%.

Cacingan dapat mempengaruhi asupan (intake), pencernaan (digestive), penyerapan (absorbsi), dan metabolisme makanan. Secara kumulatif, cacingan dapat menimbulkan kerugian terhadap kebutuhan zat gizi karena kurangnya kalori dan protein, serta kehilangan darah.

Selain dapat menghambat perkembangan fisik, kecerdasan dan produktifitas kerja, cacingan juga dapat menurunkan ketahanan tubuh penderitanya sehingga mudah terkena penyakit lainnya. Hasil survei Bank Dunia pada tahun 2016 bahkan menunjukkan bahwa Indonesia mengalami kerugian ekonomi sebesar Rp 30-33 miliar per tahun akibat penyakit cacing.

Devy Yheanne,Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia menjelaska bahwa Rendahnya tingkat kebersihan lingkungan dapat memicu tingkat prevalensi cacingan. Saat ini, masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menganggap remeh penyakit cacingan.

“ Padahal cacingan dapat menurunkan kualitas gizi, kecerdasan, dan bahkan produktifitas penderitanya. Karenanya, Johnson & Johnson Indonesia melalui salah satu brand dan produk unggulannya, Combantrin, yang telah dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia sebagai obat cacing, ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih giat dalam menerapkan PHBS.”

Rospita Dian, Head of Medical Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia juga menjelaskan bahwa cacingan pada dasarnya dapat dicegah dengan cara meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), diantaranya:

– Mencuci tangan dengan sabun

– Menggunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga

– Menjaga kebersihan makanan

– Menjaga higenitas alat-alat kebersihan

– Menciptakan lingkungan tempat tinggal yang bersih

– Minum obat cacing secara berkala untuk pencegahan, khususnya untuk anak usia sekolah dan di bawah 5 tahun

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *