Kreatifood 2017; Angkat Kopi dan Soto Jadi Kuliner Kebanggaan

famiele.com, Jakarta – Industri KUliner kini memang tengah menjadi sorotan berbagai pihak karena di nilai menjadi industri yang masih terbuka untuk di kembangkan. Tak heran, Badan Ekonomi Kreatif Indonseia (Bekraf) dan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI) kembali menggelar ajang Kreatifood di tahun 2017 ini guna mendukung industri kuliner indonesia.

Kreatifood tahun ini akan di gelar di dua lokasi yaitu di Benteng Kuto Besak Palembang Sumatera Selatan pada 22-27 Agustus 2017 yang bertepatan dengan kegiatan Sriwijaya Festival dan di Pantai Losari Makasar Sulawesi Selatan yang akan di gelar pada tanggal 6-10 September 2017 yang bertepatan kegiatan Makassar International Eight Festival & Forum 2017.

Kreatifood 2017 di Palembang akan mengangkat tema mengenai “Kopi Kita Kopi Giling Lokal ” (Koling Lokal). Rencananya acara ini akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin, SH dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf. Sementara di Makasar akan mengangkat tema Soto (Unity in Diversoto) yang akan hadir ditengah festival yang berisi Fashion, Foods, Fiction Writers, Fine arts, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna , dan Film.

Menurut Deputi Pamasaran Badan Ekonomi Kreatif, Joshua Simanjuntak Kopi dan Soto merupakan dua ikon kuliner Indonesia yang sangat di gemari masyarakat Internasional dan berpeluang menjadikan dua kuliner itu menjadi industri kuliner yang berkembang di Indoneisa dan mancanegara

“Bekraf sejak 2016 telah mendorong Soto menjadi tema makanan Indonesia. Hal ini agar lebih mudah memperkenalkan dan mempromosikan makanan Indonesia. Dengan menjadikan soto sebagai lokomotif makanan Indonesia di dunia, dengan begitu, diharapkan nantinya makanan Indonesia yang lain akan mengikuti,” ungkap Joshua

Sementara untuk kopi, komoditi ini sudah sejak lama di gemari masyarakat namun sayangnya masyarakat belum menyadari bahwa kopi juga memberikan peluang bisnis yang cukup menjajikan dan karena hal itulah bekraf mengambi kopi sebagai salah satu tema dalam Kreatifood 2017.

Kopi Giling Lokal saat ini telah menjadi trend tersendiri di masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan industri kopi olahan di Indonesia meningkat. Bekraf telah berupaya mendorong dan meningkatkan potensi kopi lokal bukan sekedar komoditi tetapi juga menjadi gaya hidup bagi pecinta kopi di Indonesia.

Kreatifood 2017 Palembang akan diisi oleh Expo kopi, demo kreasi kopi dari bebeberapa ahli kopi terkenal dan berbagai kegiatan tentang kopi yang melibatkan partisipasi masyarakat kota Palembang dan para Start Up di bidang kuliner yang menjadi binaan Deputi Akses Permodalan Bekraf

Sementara di Makasar akan di isi dengan Expo Soto, Awarding untuk pengusaha Soto, workshop dan pelatihan yang akan di berikan oleh para ahli dari Bekraf, Asosiasi Kuliner, instansi keuangan dan pengusaha kuliner sukses menganai standardisasi, pengembangan produk, pembiayaan, promosi, pengembangan soft skill.

“Kreatifood 2017 di harapkan dapat mensosialisasikan kopi dan soto sebagai kuliner kebanggaan Indonesia, menjadi wadah yang menampung para start up industri kreatif di sektor kuliner, dapat meningkatkan kegiatan pemasaran dan dapat mempersiapkan soto dan kopi menjadi kuliner Indonesia yang siap bersaing di kancah internasional,” tutup Joshua

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *