Kualitas Tidur Pengaharuhi Kualitas Hidup Anak

Tidur sepertinya hal yang sepele, tetapi ternyata tidur bagi bayi dan anak memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. fisik dan mental bahkan terhadap kualitas hidup anak dimasa mendatang. Jadi jangan sepelekan persoalan tidur sang anak.

Dari sudut pandang keilmuan ada dua macam jenis tidur, yaitu tidur tenang dan tidur aktif. Menurut ahli syaraf anak Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A, tidur tenang mampu memulihkan dan memperbaiki sel-sel tubuh, membentuk jaringan otot dan jaringan pendukung serta tulang. Sementara tidur aktif bermanfaat untuk memulihkan fikiran, daya ingat serta mempertahankan fungsi sel otak.

Dr. Herbowo juga menjelaskan bahwa kualitas tidur, terutama pada bayi dan anak-anak sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental, fisik dan kualitas hidup dan keselamatannya di masa mendatang.

Dalam beberapa studi yang di lakukan para ahli menyebutkan bahwa kualitas tidur sangat berhubngan erat dengan tingkat keterampilan belajar dan konsentrasi. Jika kualitas tidur seorang anak baik, maka anak tersebt akan mampu belajar dengan baik, bermain music, berolahraga, mampu memecahkan masalah dan mempumembuat kepiutusan serta lebih kreatif.

Sebaliknya, bila kualitas tidur seorang anak buruk maka anak akan memiliki prilaku dan emosi yang tidak terkontrol, mudah depresi, tidak bersemangat dan tidak berani mengambil resiko.

Karena hal tersebut, dr. Herbowo menyarankan kepada para orang tua untuk sebisa mngkin tidak mengganggu tidur sang anak jika tidak dalam keadaan sangat terpaksa. Gunakanlah pakaian dan perlengkapan tidur yang nyaman untuk anak,

Jika masih menggunakan popok sebaiknya menggunakan popok sekali pakai yang berkualitas agar anak bisa tidur dengan baik pada malam hari tanpa harus terbangun karena hal-hal sepele, seperti bocor, dan iritasi pada kulit

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *