LG InstaView Door-in-Door™ si Canggih Yang Hemat Energi

famiele.com – LG kembali meluncurkan deretan lemari es dengan inovasi terbaru, inovasi teknologi Inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamai LG Smart Inverter Compressor. Keunikan kompresor ini ada pada pengoperasian yang bertumpu pada satu tuas penggerak. Hal ini berbeda dengan kompresor konvensional yang memiliki empat bagian saling bergantung dalam pengoperasiannya.

Desain unik ini merupakan inovasi LG untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter sebagai basis teknologi kompresornya ini. Keuntungan ini didapat dari minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional dengan empat bagian yang membuatnya memiliki empat titik gesek.

Dengan titik gesek lebih sedikit membuat energi yang dibutuh-kan kompresor Smart Inverter lebih kecil. Keuntungan lainnya, minimalnya gesekan antar bagian menjadi hanya satu titik gesekan mengurangi tingkat kebisingan saat pengoperasian.

Untuk kemampuan menghemat energi, hasil uji perbandingan VDE menyatakan, LG Smart Inverter Compressor mampu menghemat asupan listrik hingga 32%. Pengujian tersebut juga mengungkap kompresor ini mampu mengurangi kebisingan dalam pengoperasian hingga 25% lebih baik dibanding kompresor konvensional.

Seriusnya LG menciptakan lemari es hemat listrik yang sesuai dengan gaya hidup modern tak berhenti sampai di situ. Penamaan LG InstaView Door-in-Door justru dipilih mewakili inovasi LG untuk menekan konsumsi listrik lemari es ini sepanjang pemakaiannya. Sebutan InstaView merujuk pada kemampuan lemari es ini yang membuat pengguna dapat cepat melihat isi dalam lemari es bahkan tanpa harus membuka pintunya.

Bentuknya berupa penggunaan panel sentuh LCD berbentang 29 inch pada salah satu bilah pintunya. Pada kondisi normal, layar ini seakan tak terlihat menyatu dengan desain keseluruhan.Namun, ketukan tangan dua kali akan mengaktifkan layar ini yang membuat pengguna dapat melihat langsung berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya.

Bukannya tanpa alasan kuat bagi LG untuk mengembangkan fitur ini.Sebuah riset yang dilakukannya pada rumah tangga menemukan, setidaknya 32 kali orang membuka pintu lemari es tanpa alasan spesifik. Yang tak disadari, aktivitas yang membebaskan udara dingin dalam kabin lemari es ini membuat semakin besar kebutuhan listrik yang dibutuhkan kompresor untuk mengembalikan suhu semula dalam kabin lemari es.

Kerja hemat listrik pada lemari es ini semakin optimal dengan teknologi Door-in-Door™ yang mewujud dalam keberadaan kompartemen tersembunyi yang terletak pada salah satu bilah pintunya. Dikatakan tersembunyi karena letak kompartemen ini bak pintu rahasia dengan dimensi lebih kecil yang berada di lapis dalam bilah pintu utamanya. Untuk mengaksesnya, LG menyediakan tombol yang terletak pada ba-gian bawah bilah pintu ini.

Tambahan kompartemen ini tentu saja memberi ruang simpan lebih lega dibanding lemari es lainnya. Apalagi, LG pun memanfaatkan bidang pada lapisan dalam pintu utama ini sebagai ‘kantong’ penyimpanan tambahan.“Seluruh tambahan ruang simpan ini didesain sebagai tempat menaruh berbagai bahan makanan maupun minuman yang seringkali dibutuhkan pengguna dan membuatnya seringkali membuka pintu lemari es,” ujar Rassya Karlita, Product Marketing Head Home Appliances LG Electronics Indonesia

Disamping kenyamanan yang ditawarkan dari semakin leganya ruang simpan, pintu rahasia ini dibuat sebagai upaya LG memperkuat kemampuan hemat energi lemari es terbarunya ini. Pengguna tak perlu membuka keseluruhan pintu utama untuk sekedar mengambil berbagai bahan makanan atau minuman yang seringkali dibutuhkan. Dengan hanya membuka bagian kompartemen tersembunyi ini, memperkecil besarnya udara dingin yang terlepas dari dalam kabin lemari es.

Menjadikannya benar-benar sebagai lemari es yang sesuai bagi gaya hidup modern dengan mobilitas tinggi, LG memberikan sentuhan Intenet of Things pada LG InstaView Door-in-Door™. Melalui keterhu-bungan WiFi, penggunanya tetap dapat memiliki kendali atas lemari es ini meski berbeda lokasi via aplikasi LG SmartThinq di smartphone-nya.

Kendali ini meliputi memonitor suhu maupun melakukan perubahan suhu dalam kabin lemari es ini. Selain itu, pengguna pun dapat memanfaatkannya untuk melakukan deteksi terhadap kemungkinan masalah dan solusi mengatasinya saat pengguna mendapatkan LG InstaView Door-in-Door™ tidak beroperasi dengan baik.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *