Lindungi Mata dari Paparan Sinar Ultraviolet

famiele.com – Melindungi kesehatan mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV) bersifat esensial untuk kesehatan penglihatan. Banyak pengguna kacamata telah memahami bahwa radiasi sinar UV dapat merusak mata, namun yang lebih sering terjadi tidak ada tindakan pencegahan yang dilakukan untuk melindungi penglihatan mereka.

Ada banyak alasan terjadinya pembiaran ini, karena banyak orang berpikir bahwa perlindungan dari sinar UV hanya dibutuhkan saat matahari bersinar sangat kuat dan bahkan mereka yang sudah memiliki sunglasses atau kacamata hitam juga tidak pernah memakainya. Padahal faktanya, sinar UV selalu ada setiap waktu, sepanjang hari, bahkan ketika cuaca mendung.

Astrianda N. Suryono, SpM(K) – Dokter Spesialis Mata RSCM, menegaskan kondisi kesehatan mata masyarakat Indonesia, “Permasalahan gangguan kesehatan mata yang ada pada masyarakat Indonesia cukup tinggi, dimana katarak menempati posisi tertinggi diikuti glaukoma, gangguan refraksi, gangguan retina dan abnormalitas kornea.

Katarak adalah kondisi yang terjadi karena proses penuaan atau degenerasi. Salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan proses katarak terjadi lebih cepat adalah akibat radiasi sinar UV, terlebih menilik fakta bahwa posisi Negara Indonesia terletak tepat di garis khatulistiwa yang menjadikan curah sinar matahari memang sangat tinggi.

Baca juga: ZEISS Hadirkan ZEISS UVProtect Clear Lenses Di Indonesia

“Mata yang tidak terlindungi dapat langsung terpapar sinar matahari, sehingga membutuhkan solusi yang membantu mengeliminasi penyebab utama katarak yang sebetulnya dapat dicegah dan diobati. Menggunakan kacamata dengan perlindungan sinar UV dapat menjadi cara yang paling efektif untuk melindungi mata dari paparan radiasi sinar UV ketika berada di tempat terbuka dalam waktu lama.” Tutur dr. Astrianda

Ven Raman, Managing Director South East Asia – Carl Zeiss Pte.Ltd saat peluncuran ZEISS UVProtect Clear Lenses menjelaskan bahwa perlindungan mata menggunakan kacamata sangat disarankan untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV, terutama ketika beraktivitas di bawah cahaya matahari jangka panjang. Lensa kacamata akan berfungsi seperti ‘sunblock’ yang memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata.

“Pengguna harus memilih dengan tepat lensa kacamata yang efektif melindungi mata dan memiliki lapisan anti UV. Perlu diperhatikan lagi bahwa proteksi terhadap sinar UV bukanlah pada warna dari lensa, melainkan hasil teknologi spesial dalam materi lensa plastik yang dapat menyerap keseluruhan spektrum sinar UV yang relevan tanpa membatasi pandangan pengguna kacamata.” tambah Ven Raman.

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *