Makanan yang Lebih Sehat itu Tidak Lezat, Kata Siapa?

famiele.com – Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan yang sehat itu cenderung tidak enak atau tidak lezat untuk di konsumsi, padahal anggapan itu tidak seratus persen benar.

Menurut Chef Aldhi Adhena, seharusnya seorang tak hanya handal dalam memasak tetapi juga harus mampu memberikan edukasi pada masyarakat dalam mendapatkan makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga lebih sehat.

Emilia E. Achmadi MS, seorang Clinical Dietitian, Food & Nutrition Expert, mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat lebih suka makan di luar (restoran-red) oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk mulai mau belajar dan mengetahui kebutuhan asupan gizi mereka, karena kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian dan lain-lain

Makanan seimbang haruslah memiliki kandungan zat gizi yang meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin & mineral, serta serat. Untuk itu perlu mengubah pola pikir dan menyadari bahwasanya ‘nutrition is not what I do, it is what I am (kebiasaan makan bukan hanya suatu aktifitas yang saya lakukan, melainkan jati diri saya)’. Merupakan sebuah pola pikir yang menyatu pada kebiasaan hidup sehari-hari dan bukan hanya semata-mata sebuah “pekerjaan” yang dilakukan secara terpaksa.

Makanan yang mengandung gizi seimbang dan sehat tidak selalu harus mahal, tetapi makanan yang segar dan tersedia secara lokal sehingga kandungan gizinya optimal. Salah satu solusi untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat, Chef Aldhi memberi contoh, ketika makan beef buger, roti burger biasa dapat diganti dengan menggunakan roti gandum utuh karena mengandung lebih banyak serat.

Daging sapi yang digunakan pun daging yang tanpa lemak dan menambah lebih banyak sayuran di dalamnya. Kentang goreng diganti dengan potongan kentang yang dipanggang sendiri dalam oven selain lebih menarik pastinya lebih sehat dan rasanya tetap enak.

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *