Memilih Game Digital yang Seru dan Edukatif

famiele.com – Serbuan dunia digital memang tidak dapat di hindari oleh siapapun termasuk anak-anak di usia pertumbuhan, bahkan mereka mungkin lebih ‘gila’ ketimbang orang dewasa dalam penggunaan tekhnologi digital termasuk memanfaatkan game digital dalam kesehariannya.

Di sisi inilah orangtua perlu memahami dan pandai memilah-milah mana game digital yang bermanfaat bagi anak dan mana game-game digital yang berdampak sangat buruk bagi perkembangan dan pertumbuhan anak karena biasanya game digital membuat anak-anak jadi malas bergerak dan malas beraktifitas padahal anak-anak membutuhkan aktifitas fisik untuk masa pertumbuhannya.

Hal ini diakui dr Cindiawaty J. Pudjiadi MARS, MS, SpGK – Spesialis Gizi Klinik saat peluncuran program HiLo School Drawing Competition 2018 beberapa waktu lalu. Menurut dr Cindiawaty anak-anak diusia sekolah dasar (6-12 tahun) akan mengalami perkembangan motoric kompleks dan koordinasi otot dan perkembangan kognitif yang pesat.

“Mereka bukan hanya perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap serta cukup istirahat, namun juga memerlukan aktifitas fisik yang teratur, saat ini teknologi digital khusunya game, membuat anak-anak semakin pasif berkatifitas fisik, di sinilah perlu peranan penting orang tua dan lingkungannya untuk mulai membangun gaya hidup aktif dan sehat anak sejak usia dini.” Ujar dr Cindiawaty

Cindy Charlota menambahkan, bahwa tantangan yang dihadapi,karena kondisi lingkungan sekitar yang kurang memadai dari segi keamanan sampai kurangnya ruang terbuka di tempat umum, anak-anak jadi malas untuk keluar rumah. “Dengan demikian, anak-anak zaman sekarang sejak kecil kurang beraktifitas seperti kita jaman dahulu yang bisa main lari-larian, main layangan, lompat tali atau bermain benteng.” Jelas  dr Cindiawaty

Tantangan terbesar lainnya adalah perkembangan teknologi yang membuat anak digital savvy tapi kurang diseimbangkan dengan aktifitas fisik atau permainan lainnya. Oleh karena itu, orang tua harus semakin kreatif untuk menggabungkan keduanya, sehingga anak-anak kita bisa bertumbuh secara optimal. “Salah satunya dengan aplikasi permainan digital HiLo School Draw & Play 2, yang inovatif karena bisa menggabungkan baik permainan teknologi digital dengan aktivitas fisik.” Tambah dr Cindiawaty

Aplikasi HiLo School Draw & Play 2 yang dapat diunduh di Google Play Store menjadi semakin canggih. Selain tetap memanfaatkan teknologi augmented reality agar peserta dapat menikmati hasil gambarnya berubah menjadi animasi 3D, mereka juga dapat bermain games edukatif, mengoleksi kartu yang memuat konten edukasi olahraga yang mendukung tumbuh tinggi yaitu basket, karakter-karakter baru HiLo School, serta formula terbaru yaitu OptiGRO.

Tidak hanya itu, menurut Michael Brian, Brand Associate HiLo, aplikasi ini kini dilengkapi dengan permainan yang memacu anak-anak untuk beraktivitas fisik. “Ini sejalan dengan misi HiLo School, yaitu agar anak-anak Indonesia dapat memiliki gaya hidup sehat dan bisa tumbuh ke atas, gak ke samping.”

“Selain itu, kini HiLo School juga sudah dilengkapi dengan formula OptiGRO, dengan beragam manfaat terbaik seperti tinggi kalsium dan rendah lemak, tinggi 12 vitamin dan 6 mineral, diperkaya Omega 3, serta sumber protein dan magnesium, sehingga sangat efektif untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak di era digital saat ini. HiLo School juga memiliki kemasan baru yang semakin menarik, dengan karakter-karakter baru yang dekat dengan anak-anak,” jelas Michael.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *