Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Balita

Pentingnya stimulasi sejak dini untuk masa depan anak juga diakui salah satu brand Unilever, yaitu Zwitsal sebagai hal yang sangat penting, dan hal ini sejalan dengan komitmen Zwitsal yang telah secara konsisten memberikan edukasi kepada para Ibu dan tenaga kesehatan untuk melakukan stimulasi dini sejak bayi baru lahir melalui Zwitsal Baby Spa.

Zwitsal Baby Spa mempunyai 4 langkah sederhana yang dapat menstimulasi sistem saraf di seluruh tubuh bayi, terdiri dari: langkah 1 – Pijat Sehat, langkah 2 – Mandi Ceria, langkah 3 – Sentuhan Hangat dan Segar, dan langkah 4 – Harum Terawat.

Zwitsal Baby Spa dikembangkan bersama Praktisi Neurosains Terapan yang menstrukturkan ritual perawatan bayi agar menjadi efektif untuk menstimulasi kematangan saraf dan sistem sensorik pada bayi sehingga bermanfaat untuk masa belajarnya nanti. Zwitsal Baby Spa yang telah di perkaya dengan Neurosains terapan ini memiliki manfaat fisik, manfaat psikologis, dan manfaat stimulasi.

Tahun ini Zwitsal mengambil bagian dalam salah satu edukasi tentang parenting di Daycare Unilever dengan mengangkat tema “Neuroliterasi – Metode Neurosains Terapan untuk Stimulasi Kemampuan Bicara Dini Pada Anak”.

Anne Gracia, seorang Praktisi Neurosains Terapan dalam acara bincang santai Daycare Unilever mengatakan, Konsep neuroliterasi adalah target kemampuan berbahasa berdasarkan asosiasi fungsi struktur otak sebagai upaya pencapaian kecerdasan berbahasa. Kemampuan fungsi otak dalam berbahasa sejak bayi hingga usia produktif terjadi seiring kemampuannya mengeluarkan bunyi dan bicara.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Neuroliterasi (dalam program Smart Brain Energy) merupakan stimulasi kemampuan bayi mengeluarkan berbagai bunyi, atau yang biasa diawali dengan “babbling”. Kemampuan bunyi pada organ artikulasi diawali dari bunyi “labial” (bibir), “dental” (gigi), dan seterusnya hingga organ dalam mulut lainnya.

Aktivitas rangsangan saat melakukan pijat bayi merupakan momen stimulus yang tepat karena adanya bonding melalui kedekatan fisik (wajah) ibu dan bayi yang membuat bayi memiliki rangsangan visual terhadap gerak mulut ibu dan otot wajah untuk membentuk bunyi artikulasi terhadap huruf atau disebut dengan “Fonem”.

Selanjutnya neuroliterasi berkembang pada kemampuan ekspresi bayi dalam menyampaikan bunyi-bunyian hingga membentuk suku kata menjadi kata dan selanjutnya menjadi kalimat. Pendekatan neuroliterasi penting untuk perkembangan kecerdasan anak karena area struktur otak jadi berfungsi secara berkesinambungan.

Untuk mendampingi anak menuju kecerdasan majemuk dan kemandirian diperlukan rangsangan yang tepat, mudah, rutin dan menyenangkan. Hal ini semata-mata untuk memberikan fondasi dan menjadi bekal untuk anak-anak tumbuh dengan pribadi yang mandiri dan bermanfaat untuk masa depan mereka.

Sebagai panduan bagi setiap Ibu yang ingin mempraktekkan Zwitsal Baby Spa, Zwitsal menyediakan panduan dan video tutorial yang dapat diakses di website www.zwitsal.co.id/baby-spa. Zwitsal juga membuat buku Pembahasan Lengkap Zwitsal Baby Spa dan buklet Panduan Praktis Zwitsal Baby Spa yang telah dibagikan Zwitsal kepada Ibu-Ibu Indonesia dalam berbagai kesempatan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *