Netizen Berhasil Galang Dana Rp. 3 Miliar untuk Bangun Masjid di Papua

famiele.com Jakarta – Netizen kembali membuat penggalangan dana dalam jumlah yang besar, kali ini berhasil mengumpulkan dana hingga 3 miliar rupiah untuk membangun masjid di Papua. Kampanye yang diinisiasi oleh Ruslan Rasid, Ketua Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara, Desa Maiboh, Kabupaten Sorong, Propinsi Papua Barat, melalui platform galang dana online Kitabisa.com yang bisa diakses di laman https://kitabisa.com/bantumuslimaslipapua. Hingga 26 Februari 2017, telah terkumpul dana Rp. 3.040.748.276 dari 9131 donatur.

Ruslan Rasid, Ketua Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara, menjelaskan bahwa Desa Maiboh merupakan sebuah desa terisolir yang terletak di Kel. Klabinain Distrik Aimas, Kabupaten Sorong Papua Barat. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 30 KM. Mereka yang tinggal di Desa Maiboh adalah 100 % Asli Muslim Papua. “Jika mereka ingin Shalat Jum’at maupun Shalat Hari Raya, mereka harus berjalan keluar Desa kurang lebih 3 KM untuk sampai di Masjid Kampung tetangga atau Kelurahan Tetangga. Hal ini yang mendorong kami untuk melakukan pembinaan demi pembinaan untuk mereka, kehadiran Masjid di Desa Maiboh menjadi vital untuk kemudahan warga dalam beribadah.”

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, menuturkan bahwa keberhasilan dalam penggalangan dana untuk pembangunan masjid di Papua ini merupakan suatu pencapaian yang sangat baik dalam penggalangan dana khususnya di area timur Indonesia. “Selama ini berbagai kampanye galang dana di Kitabisa.com tidak banyak yang berasal dari daerah timur Indonesia. Akan tetapi kali ini berhasil menembus rekor pencapaian donasi hingga 3 miliar rupiah, angka yang fantastis. Kami berharap, keberhasilan ini mendorong lebih banyak kampanye dimulai dari daerah – daerah terpencil di Indonesia.

Berbagai komentar positif di facebook fan page Kitabisa.com menunjukkan support terhadap kampanye ini, diantaranya Manat Manik yang menuturkan bahwa ini adalah salah satu bentuk keterlibatan publik dalam merawat keberagaman. “Damai itu indah, cintailah kebhinekaan. Semua agama di Indonesia ini sebaiknya jangan memperalatnya untuk kepentingan politik. Bersatulah Indonesiaku… harumkan nama bangsa kita, buat indonesia kita ini supaya disegani dunia. Kristen, Islam, Budha, Hindu, Kongfuchu semua punya tanggung jawab besar untuk kemajuan bangsa kita ini. Cintailah kebhinekaan.”

Selain itu juga ada Rudie Momongan yang memberikan dukungan terhadap masjid di Papua sekaligus mengharapkan kampanye ini menjadi bagian dari upaya menerapkan keberagaman dengan lebih baik di Indonesia. “Selamat ya buat umat muslim di Papua. Tapi sangat disayangkan umat diluar muslim di Aceh tempat ibadahnya banyak yg dibongkar paksa. Semoga kerukunan antar umat beragama di NKRI selalu tercipta dalam Damai dengan tuntunan Kasih Tuhan yg Maha Kuasa.”

Alfatih menambahkan, selain Papua, kampanye galang dana pembangunan masjid juga terdapat di Auckland, Tokyo, NTT dan berbagai daerah lain di Indonesia. Bukan hanya masjid, beberapa kampanye pembangunan rumah ibadah agama lain juga diinisiasi di Kitabisa.com. Misalnya Pembangungan Gereja Samboja Balikpapan yang telah mengumpulkan 79 juta rupiah dan pembangunan Budhist Center di Baturaja yang telah mengumpulkan dana 174 juta rupiah.

“Hal ini menunjukkan bagaimana setiap orang dengan berbagai latar belakang agama apapun bisa membuat kampanye galang dana dan berhasil. Dengan teknologi kami berusaha membuat galang dana antar sesama teman, alumni dan komunitas menjadi lebih mudah, viral dan transparan,” pungkas Alfatih.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *