Pengelola Blok B Pasar Tanah Abang Latih Pedagang Berjualan Online

famiele.com, Jakarta – Penurunan omzet penjualan yang alami para pedagang Bl;ok B Tanah Abang beberapa tahun belakangan ini, memaksa para pedagang  mencari jalan alternative. Menurut para pedagang menurunnya omzet tersebut karena dari minimnya pembeli yang datang langsung ke lokasi pasar dan lebih memilih belanja secara online.

Untuk menyiasati hal tersebut,  Pihak Pengelola Pasar Blok B Tanah Abang melakukan terobosan dengan memberikan pelatihan kepada lebih dari 700 pedagang yang ada untuk melakukan penjualan melalui online.

Menurut Property Manager Pasar Blok B Tanah Abang, Bevi Linawaty, Tren penurunan omzet penjualan para pedagang terjadi sekitar akhir tahun 2017 lalu. Dimana media sosial menjadi wadah efektif di dalam mempromosikan barang dagangan, yang menyebabkan para pembeli enggan datang langsung ke pasar dan lebih memilih belanja secara online.

“Untuk itu, kami berupaya keras untuk memberikan pelatihan kepada para pedagang yang ada di Blok B, untuk mencoba menerapkan sistem tersebut.” Ungkap Bevi

Di dalam membantu para pedagang yang ada di Blok B Tanah Abang, Pihak pengelola juga menyediakan beberapa ruang khusus yang diperuntukkan bagi para pedagang yang ingin belajar berdagang secara online. Di tempat yang diberinama Kios Kreatif ini, para pedagang diajarkan membuat media social dan website.

“Di Kios Kreatif ini, para pedagang dibantu tim kami di dalam mengupload foto-foto barang dagangannya yang akan dipasarkan melalui media sosial. Jika memang sudah terbiasa dan lancar, mereka dapat melakukannya sendiri,” tambah Bevi.

Untuk operasional Kios Kreatif ini dibuka dari jam 4 pagi hingga jam 6 sore, selama hari kerja dari senin hingga jumat.Bukan itu saja, demi memudahkan para pedagang dan pengunjung, pihak pengelola Pasar Blok B Tanah Abang juga telah menyediakan jaringan Wifi di setiap lantai yang ada.

Dalam mewujudkan Kios Kreatif ini, Pihak Pengelola Pasar Blok B Tanah Abang juga menggandeng beberapa pihak terkait, sepert PT. Pos Indonesia yang berfungsi sebagai pengirim barang, dan Bank BRI untuk tempat pembayarannya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *