Persiapakan ASI untuk Si Kecil Sejak Masa Kehamilan

famiele.com – Menyusui merupakan proses terpenting dalam memberikan asupan nutrisi terbaik di masa awal tumbuh kembang si Kecil. Setiap Mama tentunya menginginkan proses menyusui yang optimal agar memperoleh manfaat bagi si Kecil maupun dirinya. Namun sayangnya belum semua Mama mampu mengoptimalkan prosesnya untuk menjaga kuantitas serta kualitas ASI agar bisa menyusui secara eksklusif.

Saat ditemui di acara Media Gathering Lactamil, dr. Febriansyah Darus, Sp.OG(K) yang merupakan Dokter spesialis kandungan sekaligus salah satu Lactamil Expert, mengungkapkan bahwa, masih banyak para Mama yang terkendala dalam menjalani proses menyusui yang optimal dikarenakan berbagai faktor.

Dalam mengatasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi Mama saat menyusui, sangatlah penting bagi Mama untuk berbekal pengetahuan atau informasi dalam mempersiapkan proses menyusui sedari hamil. Mama perlu memahami bahwa mekanisme produksi ASI sudah dimulai pada masa kehamilan.

Pada bulan ketiga, tubuh Mama sudah mulai memproduksi hormon-hormon yang menstimulasi munculnya ASI. Sedangkan pada bulan kelima dan keenam, ASI sudah siap diproduksi. Sehingga jika Mama berkonsultasi kepada ahli kesehatan, selain terus menjaga pola makan bergizi seimbang, pada bulan kelima Mama juga akan dianjurkan untuk melakukan pijat laktasi. Tujuannya agar sistem pada payudara Mama dapat lebih siap dalam melakukan proses laktasi yang lancar.

Pada kesempatan yang sama, dr. Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK selaku dokter spesialis gizi klinik, juga turut hadir memberikan dukungannya bagi para Mama untuk menjalani masa menyusui dengan sehat. Pakar gizi dari Prodia Health Care Bintaro tersebut memaparkan bahwa asupan nutrisi Mama sangat berpengaruh kepada produksi ASI.

Mama memerlukan energi yang cukup untuk dapat memproduksi ASI dengan lancar dan dengan kualitas yang baik. Untuk itu, asupan karbohidrat, protein, dan lemak pun harus terpenuhi dengan baik melalui pola makan yang teratur dengan porsi seimbang.

Selain mencukupi kebutuhan energi dan zat gizi makro, Mama juga perlu memenuhi kebutuhan zat gizi mikro demi tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Di antaranya adalah Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium. Beberapa sumber makanan yang dapat dikonsumsi Mama contohnya, sayuran berwarna hijau seperti daun katuk dan bayam yang kaya kalsium, zat besi, dan asam folat. Lalu daging, ikan, telur, dan susu, yang merupakan sumber protein terbaik.”

dr. Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK juga menekankan bahwa konsumsi makanan dan minuman Mama yang bergizi seimbang dapat menghasilkan ASI yang berkualitas. Di mana ASI yang berkualitas mengandung cairan biologis yang dinamis dan kompleks, terdiri lebih dari 200 zat aktif termasuk imunoprotektor, enzim, hormon, vitamin, faktor pertumbuhan, dan faktor lainnya.

Sehingga mampu memberikan imunitas kepada si Kecil dan dalam jangka panjang dapat menurunkan risiko obesitas, serta diabetes tipe 1 dan 2. Selain itu, menyusui juga memiliki manfaat bagi Mama karena dapat menurunkan risiko depresi pasca persalinan, obesitas, diabetes melitus, dan beberapa kanker.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *