PKPU Mulai Salurkan Makanan untuk Korban Kelaparan Somalia

famiele.com Jakarta – Ribuan netizen Indonesia turun tangan memberikan donasi online bagi korban kelaparan di Somalia. Hingga Kamis (23/3), 2358 orang donatur telah mengumpulkan dana Rp. 617.842.154 untuk kampanye yang dapat diakses melalui laman kitabisa.com/somalia. Tim Lembaga PKPU yang memulai penggalangan dana di Kitabisa.com untuk membantu para korban juga telah mulai melakukan distribusi paket makanan ke Nairobi, ibukota Kenya dan Mogadishu sejak sabtu (18/3).

Krisis kelaparan di Somalia ini juga diperparah oleh kekeringan dan konflik bersenjata yang terjadi. Pemerintah setempat telah menyatakan situasi ini sebagai bencana nasional dan telah meminta bantuan Internasional. Direktur Program PKPU, Tomy Hendrajati dalam keterangannya menuturkan, “Saat ini, bantuan berupa makanan dirasa paling mendesak, terutama di daerah krisis terparah. Selain itu fasilitas air bersih dan pelayanan kesehatan dasar juga akan kami salurkan.”

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, menuturkan harapannya agar penggalangan dana di Kitabisa.com bisa terus berlanjut agar lebih banyak bantuan makanan yang bisa disalurkan kepada para korban di Somalia. “Bencana ini merupakan sesuatu yang tidak bisa kita duga, apalagi hindari. Kita harus saling menolong dengan saudara kita di Somalia agar tidak jatuh lebih banyak korban. Harapan saya, penggalangan dana online ini bisa berhasil mencapai angka 1 Milyar, atau bahkan lebih. Karena itu, saya berharap agar masyarakat turut menyumbangkan dana di kitabisa.com/somalia.”

Doa dan harapan agar Somalia bisa terbebas dari bencana kelaparan terus berdatangan dari para donatur. Diantaranya Hatta Yudistira yang menuturkan ” Untuk saudara di Somalia, semoga Allah kuatkan lagi sabarkan.” Donatur lain yang bernama Darmawansyah menuturkan, “Semoga semakin banyak yang tertolong dengan program sosial ini.” Serta Oki Adrinputra yang menuturkan “Kita sebagai sesama manusia harus bantu saudara-saudara kita di Somalia yang rawan konflik dan bencana kelaparan.”

Bantuan darurat tahap awal PKPU akan terus berlangsung di Somalia hingga 10 hari ke depan. Selain pembagian makanan, juga akan dilakukan distribusi air bersih dan pembangunan sumur air untuk menanggulangi bencana kekeringan yang melanda negara tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *