Saatnya Andalkan IUD untuk Perencanaan Keluarga

famiele.com –  Pengetahuan wanita Indonesia mengenai IUD sebagai salah satu pilihan metode kontrasepsi yang efektif untuk merencanakan keluarga terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 79,2 persen . Namun, tingginya pengetahuan tersebut tidak diimbangi dengan tingginya angka pengguna IUD di Indonesia.

Terbukti, hanya sekitar 5 persen wanita di Indonesia yang menggunakan IUD  untuk metode perencanaan keluarga. Mitos dan miskonsepsi yang salah terhadap alat kontrasepsi ini menjadi penyebab utama masih banyak wanita yang ragu-ragu menggunakan IUD.

Ditemui dalam acara Influencer Gathering #SaatnyaAndalkanIUD, Norina Veronica selaku Product Manager Kontrasepsi Andalan mengungkapkan “IUD merupakan salah satu metode KB terbaik yang dapat digunakan untuk merencanakan keluarga, karena efektivitas, keamanan serta kenyamanannya. Namun masih banyak wanita Indonesia yang ragu-ragu menggunakan IUD karena termakan mitos serta miskonsepsi yang beredar”.

Baca Juga : Fakta dan Mitos Seputar Alat Kontrasepsi IUD

“Untuk itu, Andalan Kontrasepsi pada bulan Oktober ini kembali mengkampanyekan mengenai manfaat IUD, serta meluruskan mitos yang beredar di masyarakat mengenai IUD lewat kampanye #SaatnyaAndalkanIUD.

Dalam kampanye digital #SaatnyaAndalkanIUD yang sudah berjalan selama bulan Oktober 2018 melalui website maupun social media Andalan Kontrasepsi, wanita Indonesia dapat memperoleh pengetahuan yang jelas dan komprehensif tentang fakta dan mitos menggunakan alat kontrasepsi IUD” Ujar Norina menambahkan.

Di sisi lain, dr. Tirsa Verani, Sp.OG dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari mengungkapkan IUD merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang memiliki tingkat efektivitas tinggi sebanyak 99 persen. Tidak hanya itu, menggunakan IUD dapat membuat wanita merasa lebih nyaman dan aman, karena kontrasepsi ini memiliki rentang waktu yang lama mulai dari 3, 5, bahkan hingga 10 tahun. “IUD juga bisa digunakan oleh Ibu menyusui dan tidak mengganggu kesuburan”. tambah dr. Tirsa.

Terkait banyaknya mitos yang beredar di kalangan masyarakat soal alat kontrasepsi ini dr. Tirsa Verani Sp.OG menjelaskan bahwa banyak mitos yang sebenarnya tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya, “Ada baiknya para wanita yang akan menggunakan alat kontrasepsi ini bertanya langsung kepada ahlinya agar lebih mengetahui dengan jelas mitos dan fakta yang ada,” tutup dr. Tirsa

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *