Si Juki, Komik Seru Bertema Petualangan

famiele.com, Jakarta – Kemenko Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Elex Media dan PIONICON untuk mengenalkan wisata maritim melalui komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara. Komik pertama dalam seri ini diluncurkan dengan mengangkat tema keindahan alam berbagai objek wisata yang ada di Labuan Bajo-Flores. Dalam komik berjudul Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan Labuan Bajo-Flores ini, Si Juki ditemani oleh temannya yang tidak kalah kocak yaitu Mang Awung.

“Pihak Kemenko Bidang Kemaritiman memiliki kepentingan untuk mengenalkan objek wisata baru sekaligus membuat literasi kemaritiman. Maka dari itu, kami dari Elex mengajak Si Juki untuk mengenalkan objek wisata maritime di Indonesia sekaligus memberikan literasi kemaritiman kepada generasi muda.” Ujar Ari, perwakilan dari Elex Media Komputindo

Pada komik kali ini Si Juki tidak melakukan perjalanan sendirian, ia ditemani oleh temannya bernama Mang Awung. Si Juki pergi ke Labuan Bajo bersama Mang Awung untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka pergi ke berbagai destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, hingga pergi ke Taman Nasional Pulau Komodo untuk mencari harta karun.

“Dalam proses riset komik ini saya menemukan bahwa kalimat ‘Indonesia itu Indah’ benar adanya. Selain indah, saya juga menemukan keberagaman budaya yang menurut saya begitu luar biasa. Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia. Karena itulah, dalam cerita kali ini saya membuat konsep berburu harta karun dengan berbagai misi yang harus dilalui oleh Si Juki yang kali ini ditemani oleh Mang Awung.” Ucap Faza Meonk selaku kreator Si Juki sekaligus founder dari PIONICON IP Management.

Sejak awal Seri Komik Si Juki memang selalu bertemakan wisata. Destinasi wisata pertama yang dituju oleh Si Juki dalam seri komik ini adalah Korea Selatan dengan meluncurkan komik Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea pada tahun 2017. Sebenarnya pihak Elex sangat ingin agar seri komik ini juga bisa mengangkat tujuan destinasi wisata lokal yang ada di Indonesia. Kesempatan pun datang ketika pihak Kemenko Bidang Kemaritiman menawarkan potensi kerjasama untuk meluncurkan buku literasi kemaritiman.

Untuk membuat komik ini, tim kreatif melakukan riset mencari ide cerita dan hal-hal menarik lainnya dengan mengunjungi langsung Labuan Bajo-Flores selama 5 hari. Hasil temuan selama 5 hari tersebut kemudian dikemas menjadi material cerita komik Si Juki. Setelah riset mencari ide cerita, komik ini kemudian memasuki tahap produksi selama 3 bulan hingga akhirnya dirilis pada hari Rabu, 5 Desember 2018.

Dalam acara peluncuran komik ini, Faza Meonk mengaku sangat senang bisa mengerjakan komik Si Juki ini. Ia mengaku bahwa sebenarnya sudah sejak lama ia memiliki keinginan agar Si Juki bisa bekerja sama dengan pemerintah. Baginya, dengan adanya komik ini membuktikan bahwa kini anak muda juga bisa ikut berpartisipasi dalam membangun negeri bersama pemerintah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *