Sony Tambahkan Seri Baru pada Jajaran Kamera Cyber-shot® RX

Sony mengumumkan model unggulan terbaru di lini produk compact camera mereka yang populer, seri Cyber-shot® RX100, yaitu RX100 V (model DSC-RX100M5).

RX100 V yang menarik ini membawa performa dan kecepatan AF ke tingkat yang lebih tinggi di dalam pasar compact camera. Dilengkapi dengan sistem Fast Hybrid AF dengan akuisisi AF tercepat di dunia pada 0.05 detik, dan jumlah titik AF pada sensor1 tertinggi di dunia dengan 315 titik yang menutupi hampir 65 persen frame. Kamera ini juga dapat melakukan continuous shooting pada kecepatan sampai dengan 24 fps – tercepat di dunia untuk kategori compact camera1 – pada resolusi penuh 20.1 MP dengan AF/AE tracking sampai dengan 150 gambar.

RX100 V dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor RS™ 1.0 dengan chip DRAM, lensa ZEISS® Vario-Sonnar T* 24-70 mm, dengan apertur F1.8-2.8, dan peningkatan pada image processing system dengan front-end LSI chip baru yang memaksimalkan kecepatan processing, menambahkan memori buffer dan mengoptimalkan kualitas gambar, terutama pada pengaturan ISO tinggi. RX100 V juga memiliki fitur pengambilan video 4K dengan full pixel readout dan no pixel binning, merekam gerakan super lambat hingga 960fps dengan durasi merekam video yang lebih lama dan masih banyak lagi.

sony-camera2Cepat Fokus dan Cepat Mengambil Gambar

Yang pertama bagi kamera Sony seri RX100, model RX100 V yang baru memiliki fitur Fast Hybrid AF yang menggabungkan kemampuan focal-plane phase detection AF dan contrast detection AF. Hal ini memungkinkan kamera untuk mengunci fokus hanya dengan 0.05 detik. Kecepatan fokus yang tinggi diimbangi dengan 315 titik AF dengan cakupan 65 persen dari sensor, dan menjamin pengguna dapat mengambil objek yang mereka inginkan dengan kecepatan dan akurasi tinggi, meskipun objek tersebut sedang bergerak dengan cepat tanpa arah yang bisa diprediksi.

Kecepatan pengolahan gambar pada RX100 V sudah ditingkatkan dengan penambahan front-end LSI yang dengan sempurna mendukung image processing engine, BIONZ X™. Dua komponen ini ketika digabungkan dengan sistem AF yang kuat memungkinkan RX100 V untuk melakukan continuous shooting pada kecepatan sampai dengan 24 fps dengan resolusi penuh 20.1 MP untuk pengambilan gambar hinggaa 150 kali dengan AF/AE tracking. Blackout pada viewfinder diantara pengambilan gambar juga telah diminimalisasi pada mode high-speed, yang dapat meningkatkan kemampuan fotografer untuk mengikuti objek dengan gerakan yang cepat dan menangkap momen yang diinginkan. Silent shooting juga tersedia pada mode high-speed7.

Perkembangan lain performa AF RX100 V adalah tambahan mode AF-A, yang memungkinkan kamera secara otomatis berpindah antara continuous dan single shot AF modes. Pengguna juga dapat secara manual mengatur apabila mereka menginginkan continuous AF dan phase detection AF yang dapat ditampilkan secara langsung pada layar ketika mereka sedang framing.

RX100 V memiliki shutter Anti Distorsi berkecepatan tinggi (kecepatan maksimum 1/32000 detik) yang meminimalisir efek rolling shutter yang biasa dialami pada benda yang bergerak cepat. Shutter speed yang cepat ini memungkinkan kamera untuk menangkap gambar secara tajam dan jelas dengan apertur yang besar dan tingkat kecerahan sampai dengan EV19. Mengambil gambar dengan wide aperture dan shutter speed yang cepat memungkinkan fotografer dan videografer untuk menangkap momen indah dengan fokus yang tajam pada objek dan mengurangi fokus latar belakang objek pada beberapa kondisi pencahayaan yang sangat terang.

Yang baru di RX100 V, pengguna dapat dengan bebas memilih magnification ratio ketika mengambil gambar dengan mode Focus Magnifier. Pengguna juga dapat memilih antara “focus point” dan ”centre of display” untuk menentukan lokasi Focus Magnifier.

Dapat Digunakan untuk Film Profesional

RX100 V merupakan kamera berukuran saku yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan merekam video yang akan memuaskan para videografer.

Dengan Fast Hybrid AF, focal plane phase detection AF menjamin fokus yang akurat dan tracking performance, bahkan untuk kebutuhan shooting film kualitas 4K. AF drive speed dan AF tracking sensitivity juga bisa disesuaikan melalui sistem menu, memberikan fleksibilitas kepada pengguna sesuai dengan preferensi fokus mereka.

Pada mode 4K6, RX100 V memanfaatkan full pixel readout without pixel binning untuk menjamin semua detail video 4K dapat ditangkap dengan minimum moiré dan ‘jaggies’. Hasil berkualitas tinggi ini didapatkan melalui penggunaan XAVC S codec, jika merekam video dengan kecepatan hampir 100 Mbps dengan kualitas 4K dan 50 Mbps untuk kualitas HD.

Fitur tambahan untuk professional video termasuk Picture Profile, S-Log2/S-Gamut, mode 100p HD Full HD dan masih banyak lainnya. Pengguna juga mempunyai kemampuan memilih frame secara manual untuk merekam film dan menyimpannya dalam bentuk file image dengan ukuran kurang lebih 8MP pada kualitas shooting 4K dan ukuran 2MP pada kualitas shooting HD.

RX100 V dapat merekam video super slow motion sampai dengan 40x lebih lambat dari rate standar, dan dapat merekam dengan durasi hingga dua kali lebih panjang dari model RX100 IV. Tambahan waktu ini memungkinkan pengguna untuk menangkap serangkaian momen berkecepatan tinggi dengan detail, resolusi dan ketajaman yang luar biasa.

Sebelum mengambil gambar, pengguna dapat memilih frame rate antara 960fps, 480 fps dan 240fps dan format playback antara 50p atau 25p untuk mengoptimalkan rekaman film yang disesuai dengan gerakan objek, dengan satu pilihan tombol untuk merekam video dan tekan tombol yang sama untuk berhenti.

Compact Camera Dengan Performa Premium

RX100 V tetap mempertahankan desain serupa sebagai penerus dari seri RX100 dan dilengkapi dengan high-contrast 2.35 juta dot XGA OLED Tru-Finder™, menjamin preview image sesuai gambar aslinya dan fungsi playback. Electronic Viewfinder (EVF) dapat dengan mudah dimunculkan sesuai kebutuhan dan lensa ZEISS® T* Coating.

RX100 V juga kompatibel dengan koneksi Wi-Fi® dan NFC™ dan dapat mengakses rangkaian aplikasi Camera PlayMemories Sony.

Tambahan lainnya adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengatur tiga karakter utama nama penyimpanan file agar lebih terorganisir dan mudah di sortir.

Akan hadir pula underwater housing yang baru (model MPK-URX100A) yang tersedia sebagai aksesoris terpisah untuk RX100 V, dan juga untuk kamera seri RX100 lainnya. Dirancang secara eksklusif untuk kamera RX100, housing ini dapat dibawa sampai dengan kedalaman 40 meter.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *