UCWeb umumkan Nilai Investasi Rp.400 Miliar untuk Indonesia dan India

famiele. Jakarta – UCWeb, bagian dari Alibaba Mobile Business Group, telah mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan 400 Miliar Rupiah (200 Juta RMB) dalam kurun waktu 2 tahun untuk pasar Indonesia dan India.

Dana ini utamanya akan digunakan untuk mendukung potensi luar biasa dari pembuatan konten oleh pengguna di Indonesia melalui platform konten dan distribusi beritanya, yaitu UC News.

UC News, salah satu produk unggulan UCWeb Inc. merupakan distributor konten yang didukung teknologi ‘big data’, sebagai sebuah sumber terlengkap dari konten yang sedang tren dan terkurasi yang mencakup semua kategori-kategori populer yang dapat dikonsumsi pengguna di Indonesia saat bepergian, dengan kanal-kanal menarik termasuk berita domestik dan internasional, teknologi, hiburan, gaya hidup, kesehatan, humor, dll.

UCWeb telah membuat tren-tren baru melalui program UC We-Media dimana orang-orang mendapatkan kesempatan untuk membuat tulisan-tulisan, berbagi pemikiran dan berinteraksi dengan fans mereka pada UC News.

Dua bulan setelah peluncurannya di tahun 2016, UC News berhasil mencapai daftar top 3 aplikasi gratis pada kategori Newsstand di Google Play. Program UC We-Media telah mendapatkan lompatan besar hingga 658% dalam hal pageviews konten We-Media pada bulan Desember dibandingkan dengan September 2016, yang mencatatkan rata-rata pertumbuhan 110% tiap bulannya.

Jack Huang, President of Overseas Business, Alibaba Mobile Business Group menyatakan, Saat Indonesia memasuki masa konsumsi konten yang terus meningkat melalui berbagai perangkat mobile, disanalah terdapat potensi luar biasa bagi pertumbuhan konten yang dibuat pengguna di Indonesia, mirip dengan yang telah terjadi di Tiongkok.

Terdapat lebih dari 600 juta pengguna Internet mobile dan 20 juta pembuat konten online di Tiongkok. Sedangkan, kini Indonesia memiliki lebih dari 80 juta pengguna Internet mobile, sekitar 7.000 wartawan, jurnalis dan editor yang bekerja pada industri media, dan sekitar 3 juta blogger. Namun, sejumlah kecil dari dua grup terakhir ini telah berkontribusi pada cepatnya pertumbuhan konsumsi konten online.

“Memandang perubahan lanskap internet mobile ini, kami telah mengadopsi sebuah strategi baru untuk menjadi platform distribusi konten terdepan. Dengan demikian, UC Browser sebagai produk unggulan kami juga telah berubah dari mesin peramban No. 1 di Indonesia menjadi platform distribusi konten terdepan dengan mengintegrasikan berita-berita dari UC News. Indonesia merupakan salah satu dari pasar luar negeri terpenting UCWeb dan investasi ini akan membantu menggiring dunia internet mobile memasuki era “GUF” (Google, UCWeb dan Facebook).”

Pada awal bulan ini, UC News telah mengumumkan paket kompensasi moneter yang mendetail dalam upaya untuk menawarkan konten unik pada UC News dan lebih jauh mengkonsolidasikan posisinya sebagai sebuah platform distribusi konten. UC News juga akan membantu para kontributor untuk mendapatkan traffic, penghasilan dan pengikut dengan bantuan teknologi Big Data dan sistem distribusi konten yang cerdas.

Menurut Kenny Ye, GM, Overseas Business, Alibaba Mobile Business Group, “Dengan pertumbuhan konsumsi pada Information Feeds, News Feeds non konvensional – termasuk blog, tulisan independen, konten gambar, vlogs, konten video pendek dan lainnya telah menjadi tren yang luar biasa.

Dalam waktu dekat ini, kami yakin bahwa semakin banyak para konten kontributor yang terlatih secara profesional akan menamakan mereka sebagai “We-Media”, istilah kolektif bagi mereka yang menjadi penulis/ media independen. Kami juga memperkirakan bahwa semakin banyak konsumen konten digital akan menamakan mereka “prosumer” – konsumen yang juga berkontribusi dalam pembuatan konten, yang mana juga akan berkontribusi pada peningkatan jumlah pembuat konten digital di Indonesia.”

“Tujuan kami adalah membuat platform UC We-Media menjadi platform No. 1 untuk konsumsi, pembuatan dan layanan konten di Indonesia dan India. Kami berencana untuk menambah lebih dari 30.000 penerbit independen, blogger dan key opinion leaders ke platform kami di tahun 2017, yaitu dengan menemukan calon pembuat konten dan mengundang pembuat konten yang telah ada, untuk menghasilkan lebih dari 10.000 artikel di UC News setiap harinya,” Jack menambahkan.

“Platform We-Media mendukung “Uang, Layanan dan Traffic”, menyediakan mekanisme yang dioperasikan dengan baik bagi penerbit independen, blogger dan KOLs untuk menghasilkan pendapatan dan meningkatkan popularitas mereka. Platform kami adalah sebagai nilai tambah bagi setiap kata yang mereka tulis, tidak hanya dengan jumlah pembaca yang masif, tetapi juga dengan keuntungan moneter, membuat mereka mendapatkan “bayaran bernilai jutaan”. Bagi pemula dan pembuat konten spesifik, program kami menawarkan metodologi untuk interaksi yang lebih dalam, membantu mereka untuk memikat para pembaca dan pengiklan,” ujar Kenny.

UCWeb akan menambah sumber-sumber untuk membantu penyempurnaan kualitas dari konten dan berita vertikal. Konten kategori hiburan, olahraga dan teknolgi akan tetap menjadi fokus area di tahun 2017. Sebagai tambahannya, UCWeb juga akan menawarkan layanan operasi kolom untuk penerbit independen, blogger dan KOLs yang berkualitas.

UC News, tersedia dalam 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Hindi), mengintegrasikan topik yang sedang populer di media sosial dan bekerjasama dengan media tradisional, penulis independen dan key opinion leaders. Menurut laporan yang dikeluarkan pada awal bulan ini oleh UC News mengenai analisa fitur-fitur kunci dari konsumer konten mobile Indonesia, hampir 70% dari pengguna UC News berada pada dua grup usia, yaitu 19-25 tahun dan 31+ tahun.

Pria tetap menjadi grup pengguna dominan UC News yang hampir berjumlah 4 kali lipat dibandingkan wanita. Hiburan, masyarakat dan olahraga merupakan kategori yang paling tinggi dikonsumsi diantara seluruh konten dari media tradisional dan We-Media. Total pageviews dari konsumsi konten mobile mengalami peningkatan tajam sebesar 307% pada Q4 dibandingkan Q3, dan durasi konsumsi juga mengalami peningkatan sebesar 260% pada periode yang sama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *