Untuk Ciptakan Anak Hebat, Nutrisi Saja Tidak Cukup

Semua oangtua pasti setuju untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat dan benar kepada putra-putrunya, khususnya untuk perkembangan otak, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan fisik yang sesuai dengan tahap perkembangannya.

Nutrisi seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin dan mineral berkontribusi pada perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak yang optimal. Salah satu sumber nutrisi yang baik, bisa di dapatkan dari berbagai sumber seperti telor, gandum, beras merah, ikan, sayuran bewarna, buah dan Susu”. ujar Dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi, saat acara media gathering kampanye Grow Them Great yang di gelar Bebelac beberapa waktu lalu

Selain asupan nutrisi, peran orangtua juga diperlukan untuk membesarkan anak hebat. Karena, anak meniru berbagai perilaku dan kebiasaan orang tua, ekspresi emosi yang ditampilkan hingga respon-respon sosial orang tua dalam keseharian dilingkungan sosial.

“Oleh karena itu, perilaku orangtua di rumah sebaiknya dapat menjadi contoh baik pada anak agar mereka menjadi anak yang tumbuh hebat di kemudian hari.” Kata Roslina Verauli, M.Psi
Sejumlah riset menunjukkan anak lebih mudah meniru figur orang dewasa yang dirasa konsisten, tidak berbeda apa yang diucapkan dan apa yang ditampilkan. Untuk itu orang tua perlu menjadi figur dewasa yang kompeten dan memiliki ketegasan namun sekaligus menunjukkan kepedulian dan kehangatan.

Orang tua dengan kemampuan pengelolaan emosi yang baik dan konsisten dalam menjalankan disiplin dalam kesehariannya, cenderung akan memiliki anak dengan kemampuan pengelolaan emosi baik serta memiliki pola-pola kegiatan yang relatif teratur (kedisiplinan diri).

“Tantangannya adalah bagaimana menjadi orang tua yang juga konsisten dan hangat sekaligus menunjukan kemampuan mengelola diri yang baik. Terutama pada ibu, mengingat mereka biasanya menjadi pusat emosi di rumah. Kebanyakan orang tua lupa atau tak menyadari bahwa sikap mereka merupakan model perilaku awal bagi anak.” tambah Verauli.

Sebagai seorang Ibu yang ingin menjadi contoh baik bagi anak-anaknya, Ersa Mayori menyadari bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi dalam memberikan contoh baik.

“Anak-anak saya itu peniru ulung. Banyak kebiasaan saya yang mereka tirukan. Padahal tidak setiap saat saya konsisten dalam memberikan contoh baik bagi mereka. Untuk itu, perlu adanya dukungan bagi para ibu dalam bentuk tips atau saran yang bisa langsung diterapkan sehari-hari agar saya dan orang tua lainnya bisa menjadi contoh baik bagi anak-anak mereka”. Ujar Ersa yang juga turut hadir di acara Media Gathering kampanye Grow Them Great

Para ibu adalah memiliki peran utama dan penting dalam pola pengasuhan anak, oleh karena itu, agar dapat menjalankan perannya dengan baik ibu membutuhkan dukungan baik dari Ayah serta juga membutuhkan informasi, pengetahuan serta keterampilan dalam bentuk edukasi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *