Yuk Ajak Keluarga Jadi Pahlawan Ala Pepsodent

famiele.com – Baru-baru ini Pepsodent melalui kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2019, mencanangkan gerakan “Indonesia Tersenyum” yang berkolaborasi bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dan mengajak semua orang menjadi “Pahlawan Senyum” guna mewujudkan Indonesia bebas gigi berlubang.

Ajakan pepsodent untuk menjadi pahlawan memang tidak terlalu berlebihan mengingat ajakan menjadi pahlawan ala pepsodent ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi anak-anak sekalipun yaitu cukup melakukan dan menularkan kebiasaan sikat gigi tepat waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur serta memeriksa gigi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Kebiasaan sikat gigi tepat waktu dan pemeriksaan gigi secara berkala dikalangan masyarakat Indonesia memang masih belum berjalan sebagai mana mestinya. Hal tersebut terlihat dari data Riskesdas 2018 yang menunjukan bahwa dari 94,7% masyarakat yang menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8% yang melakukannya di waktu yang tepat, yaitu dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM., Ketua Pengurus Besar PDGI memaparkan, bahwa Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan tanggung jawab bersama yang masih perlu dibenahi, “saya sangat prihatin ketika mendapatkan data dimana 95,5% masyarakat Indonesia tidak pernah berkunjung ke tenaga medis gigi,” tambahnya

Sementara itu Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia menyoroti masih banyaknya anak-anak berumur 5 tahun yang memiliki masalah gigi berlubang, “sebanyak 92,6% anak-anak indonesia berusia 5 tahun mengalami masalah gigi berlubang,  hal ini sangat memprihatinkan, mengingat kondisi gigi susu sangat memengaruhi kondisi dan struktur gigi permanen di masa mendatang,” ujar Drg. Ratu Mirah

Hal inilah yang mendasari Pepsodent untuk mengajak seluruh keluarga Indonesia menjadi “Pahlawan Senyum” bagi keluarga, lingkungan sekitar dan sekolah untuk menularkan kebiasaan sikat gigi tepat waktu yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur juga memeriksakan gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali.

Donna Agnesia, celebrity mom yang memiliki tiga orang anak yang ikut serta dalam acara pembukaan BKGN 2019 berujar bahwa Kesehatan gigi dan mulut keluarga merupakan salah satu prioritas utama. Diakuinya sejak anak-anak masih kecil, Ia selalu menanamkan kebiasaan untuk menyikat gigi dua kali sehari, dan rutin mengajak mereka ke dokter gigi.

“Kini saat mereka sudah semakin besar, tidak jarang justru mereka yang mengingatkan aku dan suami jika salah satu dari kami mungkin terlupa dengan kebiasaan ini. Jadi, aku setuju banget bahwa kita semua bisa menjadi ‘Pahlawan Senyum’, siapapun dan dimanapun kita berada,” ungkap Dona

drg. Stella Lesmana, Sp.KGA., co-founder komunitas KEJORA (KEsehatan untuk JunioR IndonesiA) salah satu dokter gigi yang dianugerahi penghargaan sebagai “Pahlawan Senyum “ karena dedikasinya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sikat gigi secara teratur dan tepat waktu melalui buku mengungkapkan, bahwa semua orang bisa menjadi “pahlawan Senyum” dengan caranya masing-masing.

“Kami percaya buku dapat menjadi salah satu media yang tepat bagi orang tua untuk menjelaskan kepada anak-anaknya tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut secara lebih mudah dan menarik,” jelas drg. Stella.

Salah satu ibu rumah tangga yang turut hadir dalam perayaan BKGN 2019 juga mangaku setuju bahwa sebuah keluarga bisa menjadi “Pahlawan Senyum” seperti yang dilakukakan sang suami yang sering kali mengedukasi anak-anak lewat sebuah cerita atau dongeng.

“Ayahnya anak-anak sering mendongeng tentang si gigi berlubang yang sangat menderita ketika melakukan tugasnya menghaluskan makanan yang masuk ke mulut, dan akhirnya anak-anak juga tertular untuk bercerita yang sama kepada teman-temannya saat bermain atau saat di sekolah,” tutur ibu dua anak ini

Nah sekarang giliran kita semua mengambil bagian untuk bisa menyebarkan kebaikan melalui cara kita sendiri. Mari kita ajak seluruh anggota keluarga menjadi pahlawan ala Pepsodent dengan menerapkan dan menyebarkan kebiasaan sikat gigi tepat waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur serta memeriksa gigi secara berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *