Citi Indonesia Bantu Generasi Muda Capai Kemandirian Financial

famiele.com, Jakarta – Melalui Program Skilled Youth Tahap III di awal tahun 2019, Citi indoensia (Citibank) dan lembaga nirlaba Indoensia Business Links (IBL), kembali menunjukkan komitmennya untuk membantu generasi muda meningkatkan kemampuan diri serta dapat berkarya demi meraih kemandirian finansial di masa mendatang.

Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia menyampaikan bahwa, Generasi muda yang terlibat dalam program Skilled Youth tahap III ini akan memiliki kesempatan ekonomi yang lebih baik melalui peningkatan kapasitas dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yang siap maupun bagi mereka yang ingin membuka peluang berwirausaha.

Upaya ini sejalan dengan komitmen Pathways to Progress yang diinisiasi oleh Citi Foundation, untuk dapat memberikan dampak positif bagi 500.000 anak muda di seluruh dunia hingga 2020.

“Bersama dengan mitra pelaksana kami, Indonesia Business Links, Citibank berkomitmen untuk terus mendukung individu-individu muda agar dapat mengembangkan potensi diri serta memiliki kemandirian finansial sejak dini, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, utamanya di daerah yang menjadi target program ini.” Ujar Elvera

Rendahnya kompetensi tenaga kerja muda di wilayah Jawa Barat juga turut mendorong terjadinya komitmen bersama antara Citibank dan IBL dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten Karawang, dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Kolaborasi ini ditandai dengan pengukuhan komitmen bersama dalam upaya menurunkan angka pengangguran muda melalui pembangunan karakter dan peningkatan keterampilan generasi muda Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Kerja sama tersebut menjadi langkah penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang kerap dicanangkan pemerintah, serta menjadi bagian dari pengimplementasian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Mahatmi Parwitasari Saronto, Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) menyatakan dukungannya terhadap Program Skilled Youth Tahap III yang diprakarsai oleh Citibank dan IBL.

“Pemerintah berharap kegiatan ini dapat mendorong lebih banyak pihak swasta untuk ikut berperan mempersiapkan generasi muda yang produktif dan berdaya saing. Terlebih tahun 2030 mendatang populasi Indonesia akan didominasi oleh kalangan usia produktif. Sehingga kualitas generasi muda menjadi kunci untuk dapat mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.” ucap Mahatmi

Mohamad Fahmi, Direktur Eksekutif Indonesia Business Links juga menyatakan komitmennya untuk terus terus melanjutkan kerjasamanya dengan Citibank dalam menggelar Program Skilled Youth hingga ke seluruh penjuru daerah

“Menggunakan pendekatan Skilled Youth-Bekerja dan Skilled Youth-Berwirausaha, Program Skilled Youth  dirasa mampu menanamkan motivasi kepada peserta agar semangat mengembangkan kemampuan dirinya terus berkarya secara positif untuk meraih masa depan yang lebih baik.” jelas Mohamad Fahmi

Program Skilled Youth Tahap III telah berlangsung sejak Agustus 2018, dan akan berakhir pada Juni 2019 yang ditargetkan untuk menjangkau 250 pemuda usia 16-25 tahun. Program ini juga merupakan bagian dari salah satu pilar kegiatan CSR Citibank yaitu kesempatan ekonomi bagi generasi muda atau Youth Economic Opportunities.

Melalui program ini, Citibank berharap semakin banyak kaum muda yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka, dalam hal peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi lokal dan nasional.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *