Jangan Takut Bilang  ‘Iya Boleh’ ya Bunda!

famiele.com – “iya boleh” mungkin kalimat ini menjadi sebuah kalimat yang agak riskan di lontarkan orangtua saat anak-anak bertanya soal aktifitas yang akan di lakukan, apa lagi jika aktifitas tersebut bersentuhan langsung dengan hal-hal yang menurut ayah dan bunda berbahaya dan tak baik bagi  bagi anak-anak

Menurut Psikolog Dra. Ratih Ibrahim, MM, keterlibatan aktif Bunda dan Ayah, terutama  kalimat ‘Iya Boleh’ dari Bunda justru memegang peran yang luar biasa penting saat mendampingi si Kecil melakukan eksplorasi pertamanya.

“Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si Kecil. Ia butuh ruang yang aman dan kaya untuk berkesplorasi, sesuai dengan usia perkembangannya. Momen paling pertama si Kecil dimulai dari pengalaman eksplorasinya melalui dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium dan rasakan adalah momen luar biasa penting, the moment of truth, bagi perkembangan seluruh aspek kecerdasan si Kecil yang kemudian menjadi fondasi pembentukan karakternya kelak.” Jelas Ratih

Namun demikian membiarkan si kecil berekplorasi tampa menyiapkan perlindungan yang memadai juga akan membuat eksplorasi yang di lakukan si kecil menjadi tidak maksimal. Dokter anak dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K) turut memaparkan pentingnya perlindungan dari dalam sebagai fondasi tercapainya tumbuh kembang optimal anak.

“Anak-anak yang bermain di luar rumah 2-3 kali lebih berisiko terkena infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna. Data Riskesdas tahun 2013 di Indonesia juga menunjukkan bahwa 41,9% anak usia 1-4 tahun mengalami infeksi saluran pernafasan dan 12,2% mengalami infeksi saluran cerna2.” Jelas dr. Bernie.

Lebih lanjut, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K) juga menjelaskan bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Alvin Wiradarma, Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+, mengungkapkan bagaimana kepercayaan diri Bunda dalam mendukung si Kecil bereksplorasi memiliki peran penting untuk perkembangan kemampuan psikomotorik si Kecil dan melatihnya agar lebih percaya diri.

“Oleh karena itu, DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacilus rhamnosus dan serta pangan inulin, juga berupaya untuk memberikan wadah agar Bunda semakin percaya diri untuk mendukung si Kecil bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka melalui  berbagai kegiatan termasuk ‘DANCOW Iya Boleh Camp’ yang di gelar di Jakarta beberapa waktu lalu,” kata Alvin Wiradarma.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *