Pesona Wisata Tulang Bawang di Cakat Raya

famiele.com – Kabupaten Tulang Bawang yang kini di pimpin Hj. Winarti, SE. MH sebagai Bupati terpilih memiliki harapan baru bagi masyarakat untuk membangun Kabupaten Tulang Bawang termasuk potensi wisata yang ada di tanah Menggala khususnya di Kampung Cakat Nyenyek, Kecamatan Menggala Timur

Wisata Cakat Raya yang sejak berdirinya sempat menjadi kebanggan masyarakat Tulang Bawang kini seolah tinggal menjadi sejarah, padahal Wisata Cakat Raya memiiki pesona yang sungguh indah dan mengagumkan, karena selain letaknya yang strategis, karena berada tak jauh dari Jalan Raya Lintas Timur, Cakat Raya juga berada di dataran tinggi dan berhadapan langsung dengan lembah yang indah.

Dalam area wisata seluas kurang lebih 12 hektare ini terdapat berbagai anjungan budaya layaknya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang di miliki Jakarta, yang lebih mengagumkan Cakat Raya bahkan memiliki miniataur Candi Prambanan lengkap dengan ornamen-ornamen Candi Prabanan sesungguhnya.

Memasuki kawasan wisata Cakat Raya, pengujung akan disuguhi dengan anggunnya miniatur Candi Prambanan dengan latar belakang pemandangan alam berupa lembah, aliran sungai, dan hamparan rawa yang begitu sejuk di pandang mata, serta bangunan bergaya khas Lampung , masuk lebih kedalam pengunjung akan di suguhi dengan beberapa bangunan-bangunan yang menunjukan keberagaman adat dan budaya Indonesia.

Memandang ke arah lembah, pengunjung dapat melihat Bumi Menggala dengan segala keindahannya, hamparan rumput hijau, dan rawa nun jauh di sana seolah memanggil kita untuk terbang melayang menuju keindahan, jalur Lintas Timur yang membelah bumi menggala juga terlihat sangat jelas lengkap dengan iring-iringan kendaraan yang terlihat laksana semut. Tak kalah indahnya Pura Maksan yang terletak di seberang lokasi wisata ini juga terlihat berdiri indah dan megah

Potensi Wisata di Cakat Raya ternyata tidak hanya sebatas tempat untuk berekreasi dan  menghilangkan rasa penat semata, dengan dukungan keindahan alam serta anjungan yang ada, jika di kembangkan wisata Cakat Raya juga memilki potensi alam sebagai lokasi ‘bermain’ para pecinta kegiatan otomotif ekstrim seperti motor trail dan off road.

Untuk pecinta fotografer, Wisata Cakat Raya memiliki banyak objek menarik untuk di abadikan dalam bingkai-bingkai foto. Lokasi ini juga sangat spesial bagi pasangan yang akan mengabadikan kemesraan pre wedding sebelum melangsungkan pernikahan.

Melihat potensi ini jelas membutuhkan penanganan yang lebih maksimal dari Pemkab Tulang Bawang yang memang sudah berencana mengembangkan potensi wisata Tulang Bawang termasuk wisata Cakat Raya. Masyarakatpun berharap Pemda segera membenahi lokasi wisata ini, karena menurut mereka berkembangnya Wisata Cakat Raya akan turut mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di kabupaten tulang bawang, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar Wisata Cakat Raya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *