Syafrudin Banjer; Memulai Karir dari Pencuci Piring

famiele.com – Hidup itu memang penuh misteri, tak bisa di tebak kemana takdir membawa kehidupan seseorang, Banyak yang bermimpi menjadi sukses di masa depan namun akhirnya kandas dalam perjalanan, tapi tak sedikit pula yang menjalani hidup seperti air mengalir dan pada akhirnya meraih sukses yang tak pernah terbayangkan.

Adalah Syafrudin Banjer atau yang lebih akrab di sapa Uthe, salah seorang yang pada masa remajanya tak pernah sedikitpun membayangkan kesuksesan seperti yang saat ini Ia raih, menjadi seorang Eksekutif Chef sekaligus F&B  Manager di The Hook Resto and Cafe dan Ketua Umum BPD ICA (Indonesia Chef Asosiasion) DKI Jakarta.

Di akui lelaki kelahiran 6 April 1972 ini, masa remajanya lebih banyak dihabiskan bersama teman-temannya ‘nongkrong’ di kaki dan puncak-puncak gunung sekdar menikmati hawa dingin dan indahnya panorama dari ketinggian, namun rasa jenuh membuatnya keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru dengan bekerja.

Karir lelaki yang sempat mengenyam pendidikan Manajemen Hotel di Universitas Sahid ini dimulai di sebuah restaurant Jepang di kawasan Semanggi Jakarta Selatan sebagai seorang pencuci piring, profesi yang mungkin tak banyak di minati anak-anak muda jaman sekarang, padahal di profesi inilah Uthe menemukan passionnya.

“Awalnya memang terasa canggung dan gengsi untuk menerima pekerjaan ini, tapi karena kondisi yang mendesak, saya menerimanya dan ternyata terasa menyenangkan. Ada hal-hal baru yang saya rasakan saat menjalani pekerjaan ini,” jelas laki-laki yang hobi menjelajahi gunung ini.

Dari pencuci piring ini Uthe mengaku mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari  chef yang ada di tempatnya bekerja, “Ternyata bidang pekerjaan masak-memasak ini mengasyikan tetapi juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat menantang untuk di pelajari,” jelas Uthe

Menurut Uthe, menjadi Chef bukanlah pekerjaan yang mudah, banyak hal yang harus benar-benar di pelajari dan di perhitungkan dengan cermat, teliti dan matang, “banyak pelajaran di waktu sekolah yang saya benci, seperti mate-matika, fisika, kimia, manajemen dan pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka ternyata harus saya kuasai saat saya sudah berada di tahap middle-up, ternyata tidak semudah yang terlihat,” tutur Uthe

Dengan pengalaman dan ilmu yang Ia dapatkan, Uthe sempat berpindah-pindah café dan restautan dengan berbagai jabatan mulai dari Cook hingga Chef De Party, Chef Executive, Citchen Consultan, F&B Manager, bahkan ia pernah di tunjuk sebagai Chef Incharge di KTT  APEC NUSA DUA BALI pada Oktober 2013 lalu. Uthe juga sempat mendirikan café sendiri sebelum akhirnya Uthe mendapat tawaran pekerjaan di perusahaan peternakan ikan kerapu organic sebagai Produck Development Manager.

Dari perusahaan peternakan ikan kerapu organic inilah Uthe mengaku di percaya untuk mendirikan dan mengelola The Hook Resto and Café, “saat bekerja di perusahan ikan Kerapu organic ini,banyak konsumen yang bertanya di mana bisa mendapatkan ikan kerapu organic yang telah diolah atau dimasak, dari situlah saya mengajukan pendirian restoran yang menyediakan berbagai olahan ikan kerapu sebagai menu spesialnya, serta sea food secara umum, dan berdirilah The Hook,” ujar Uthe.

Dalam pengelolaan yang di manajeri Uthe, The Hook terus berkembang menjadi resto dan café yang menyediakan berbagai menu, baik menu lokal dan internasional. Kini The Hook bukan hanya sebagai tempat menyantap dan menikmati berbagai menu, The Hook memiliki berbagai fungsi yang menyediakan berbagai ruang dan tempat untuk pertemuan dan juga berbagai acara.

Keberhasilan yang saat ini di raih Uthe bukanlah sesuatu yang dengan mudah Ia dapat, semuanya dihasilkan dari kerja keras, keseriusan, ketekunan dan kesabaran, “apapun bidang pekerjaannya, untuk sukses semuanya memerlukan proses, jadi jangan sungkan menerima pekerjaan dari posisi nol, pelajari peluang yang ada, bekerja keras dan sabar dan saya yakin semua akan indah pada akhirnya,” pesan Uthe

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *